CRITICAL BOOK REPORT

CRITICAL BOOK REPORT


Nama: Syaiful Azhar
NIM   : 0310182099

Identitas Buku:
Nama Penulis : Prof.Dr.Abdul ‘Aziz El-Quussy
Judul Buku     : Ilmu Jiwa Prinsip-Psinsip dan 
      Implementasinya dalam Pendidikan
Penerbit,Kota,Tahun  : Bulan Bintang,Jakarta,1952
Tebal Buku               : 160 halaman


Isi Buku:
Pada buku Ilmu jiwa prinsip-prinsip dan implementasinya dalam pendidikan  membahas mengenai topik ilmu jiwa dan urgensinya bagi guru terkait didalamnya mengenai pentingnya ilmu jiwa bagi seorang guru bahwasanya, menjadi seorang guru tak cukup baik,serta menguasai materi pelajaran yang disajikan. Namun tak ubahnya seorang dokter yang akan mengobati orang sakit dan tidak cukup hanya mengetahui gejala penyakit dan obat yang diperlukan, akan tetapi ia harus pula mengetahui susunan anggota tubuh orang itu disamping mengetahui pula fungsi-fungsi organ tersebut,serta hubungannya satu sama lain. Dia juga harus memperhatikan keadaan tubuh si sakit,sehingga ia dalam mengobati orang itu berjalan atas dasar perhatiannya yang benar, kalau tidak maka pengobatannya itu adalah coba-coba saja,mungkin ia berhasil dan mungkin pula gagal. Demikian pula halnya dengan seorang guru yang tak sekedar memberikan materi saja namun seorang guru juga dalam upayanya memperbaiki atau menumbuhkan kemampuan khusus pada murid, ia harus mengetahui kemampuannya yang asli dan yang dipelajari, dia perlu memahami apa yang menyebabkan lelah dan yang menibulkan kegembiraan, apa pula yang menambah kegiatan dan keberhasilannya;dan banyak lagi hal-hal yang dapat memudahkan guru melaksanakan tugasnya dengan baik melalui metode-motode pendekatan serta jiwa yang bermacam-macam pada setiap peserta didik. Dalam hal ini juga diperlukan nya ukuran dalam ilmu jiwa atau disebut juga penilaian kuantiatatif  yang biasanya sejalan dengan metoda percobaan, hal ini perlu diketahui dikarnakan tolak ukur dari keberhasilan atau tidaknya problematika yang dihadapi serta cara penanganannya. Sehingga dalam buku ini dijelaskan cukup luas terkait prinsip-prinsip dan implementasinya dalam pendidikan.

Kelebihan Buku :
Pada buku yang berjudul ilmu jiwa prinsip-prinsip dan implementasinya dalam pendidikan yang penulisnya Prof.Dr.Abdul ‘Aziz El-Quussy ini memiliki beberapa kelebihan fisik atau materinya, antara lain:

  • Identitas yang di miliki oleh buku ini sudah lengkap terdiri dari nama penulis, kota terbit, tahun terbit, serta nama penerbitnya.
  • Mampu menyajikan beberapa terpembahasan yang disertai analogi atau perumpamaan umum sehingga mempermudah pembaca memahami informasi didalmnya.
  • Penulis mampu menyajikan materi pembahasan yang cukup luas terkait prinsip-prinsip dan implementasinya dalam pendidikan.
  • Terdapat pendapat-pendapat tokoh-tokoh dunia dalam sudut pandang ilmu kejiwaan sehingga menjadi point tambah dalam buku ini.


Kekurangan Buku :
Didalam penulisan karya tulis tak luput dari adanya kesalahan dan kekurangan, seperti pada buku yang berjudul ilmu jiwa prinsip-prinsipnya dan implementasinya dalam pendidikan yang penulisnya Prof.Dr.Abdul ‘Aziz El-Quussy ini memiliki beberapa kekurangan fisik atau materinya, antara lain:
  • Terdapat penulisan kata yang salah,seperti contoh kata ketrampilan yang mana penulisan yang benar yakni keterampilan dan masih banyak penulisan kata yang menurut saya salah lainnya.
  • Tidak dilengkapi adanya footnote pada setiap pembahasannya.



Manfaat Untuk Guru Biologi :
Pada buku ilmu jiwa prinsip-prinsip dan implementasinya dalam pendidikan yang penulisnya Prof.Dr.Abdul ‘Aziz El-Quussy ini memiliki manfaat tersendiri khususnya bagi guru Biologi yakni:
Dapat bermanfaat atau diterapkan bagi seorang guru Biologi ketika mengajar siswa/murid-muridnya. Materi-materi yang ada pada buku ini dapat di terapkan guru Biologi pada saat proses belajar mengajar, mulai pengenalan ilmu jiwa itu sendiri dan juga metode-metode ilmu jiwa hingga implementasi dalam pendidikan.Terutama ilmu psikologi sendiri dapat membantu guru mengetahui memahami anak murid/siswa, sehingga mampu diterapkan pada prinsip-prinsip umum belajar terhadap potensi masing-masing pserta didiknya.
Selain itu juga dalam buku ini menjelaskan metode-metode penelitian cara pendekatan terkait dengan psikis dan mental peserta didik baik pengaruh dari faktor luar maupun dalam yang bermacam-macam. Dengan mengamati gejala kelakuan maka ilmu jiwa memperhatikan perubahan yang terjadi atas kelakuan sebab akibat tersebut. Sehingga untuk mengetahui itu semua harus adanya pengetahuan dan kajian yang kita pahami sebelumnya, sama hal nya dengan ini harapannya buku ini juga dapat membantu para pendidik terkhusus pada bidang biologi dalam menghadapi peserta didiknya.

Lampiran



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh critical jurnal review psikologi uinsu

Critical Jurnal Review Internasional Psikologi Pendidikan Uinsu

Respon Hewan Terhadap Lingkungan Abiotik dan Siklus Biogeokimia