Manfaat Ilmu Psikologi bagi seorang pendidik biologi




CRITICAL BOOK REPORT

Identitas Buku:

Nama Penulis              :
Lester D.Crow,PH. D.,Alice Crow,PH.D.

Judul Buku        :
Education Psychology

Penerbit,Kota,Tahun  :
PT Bina Ilmu,Surabaya,1984

Tebal Buku                   :
 491 halaman

Penerjemah                 : DRS.Z.Kasijan


Isi Buku:
Pada buku Psikologi Pendidikan Jilid 1,dengan penulis Lester D.Crow,PH. D. dan Alice Crow,PH.D ini mengandung isi pembahasannya dari bantuan psikologi pendidikan untuk pendidikan,pertumbuhan dan perkembangan anak,belajar,potensi dan prinsip umum belajar.
Pada pembahasannya menjelaskan berbagai aspek-aspek untuk menyelesaikan problematika-problematika dalam proses belajar mengajar yang menyangkut hal pertumbuhan dan perkembangan yang menurut saya dibahas cukup luas,guna untuk dapat bermanfaat bagi para pembaca untuk mengetahui bagaimana penyikapan secara psikologis pada pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Selain itu didalam buku ini juga menjelaskan mengenai potensi-potensi dalam belajar yang mencakup pembahasan tentang intelegensi dan pengukurannya,bakat dan tes bakat,ciri-ciri kepribadian dan pengukurannya serta implikasi-implikasi pedagogis perbedaan-perbedaan individual. Selanjutnya dalam buku ini juga memaparkan mengenai hal prinsip-prinsip umum belajar yang didalamnya terkait pembahasan mengenai teori-teori belajar mulai dari proses,teori-teori yang disajikan,serta  aspek-aspek belajar yang meliputi sikap,minat dan motivasi hingga pembahasan menyangkut pentingnya transfer dalam belajar.
Berdasarkan cakupan pembahasan mengenai buku diatas, hal ini dapat membantu para pembaca terkhusus bagi seseorang yang berprofesi sebagai guru untuk dapat menambah wawasan dan pelajaran dalam konteks luas khususnya terkait psikologi pendidikan.




Kelebihan Buku :

Pada Psikologi Pendidikan Jilid 1,dengan penulis Lester D.Crow,PH. D. dan Alice Crow,PH.D ini memiliki beberapa kelebihan fisik atau materinya, antara lain:

  • Identitas yang di miliki oleh buku ini sudah lengkap terdiri dari nama penulis, kota terbit, tahun terbit, serta nama penerbitnya.
  • Mampu menyajikan beberapa pembahasan yang disertai data-data yang valid sehingga mempermudah pembaca.
  • Di bagian materi juga di lengkapi dengan adanya diagram.
  • Penulis mampu menyajikan materi pembahasan secara lengkap yang disesuaikan dengan prolematika-problematika guru dan murid yang disajikan didalamnya.
  • Penjelasan materi pada setiap konsep sudah cukup lengkap.
  • Dilengkapi dengan gambar guna sebagai media penyampaian.
  • Mampu menjelaskan dasar-dasar psikologi secara luas.
  • Dilengkapi footnote pada setiap pembahasan yang ada.


Kekurangan Buku :
        Pada buku Psikologi Pendidikan Jilid 1,dengan penulis Lester D.Crow,PH. D. dan Alice Crow,PH.D ini memiliki beberapa kekurangan fisik atau materinya, antara lain:

  • Terdapat pengunaan kata yang tidak baku,saya yakin hal itu merupakan kekhilafan dari penulis atau penerjemah.
  • Pengunaan tanda koma yang kurang efektif.
  • Cetakannya sudah lama sehingga isi pembahasan tidak ada pembaruan.
  • Definisi-definisi pendapat para tokoh/ahli banyak pendapat tahun yang sudah lama.


Manfaat Untuk Guru Biologi :
Pada buku Psikologi Pendidikan Jilid 1,dengan penulis Lester D.Crow,PH. D. dan Alice Crow,PH.D ini memiliki manfaat tersendiri khususnya bagi guru Biologi, antara lain yaitu:
Dapat bermanfaat atau digunakan untuk guru Biologi ketika mengajar siswa/murid-muridnya. Materi-materi yang ada pada buku ini dapat di terapkan guru Biologi pada saat praktik pembelajaran. Terutama psikologi sendiri dapat memabantu guru mengetahui bagaimana pembelajaran berlangsung, memberikan pemahaman pada guru bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak murid/siswa, hingga prinsip-prinsip umum belajar terhadap peserta didik serta potensi yang dimiliki pada masing-masingnya.
Membantu guru untuk menyelesaikan problematika-problematika dalam proses belajar mengajar khususnya yang dapat diterapkan pada guru biologi dalam memecahkan permasalah yang terjadi didalam dunia pendidikan.
Selain itu juga dalam hal ini menjelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga amat bermanfaat kedepanya bagi guru biologi terhadap penentuan kulikulum yang tepat dan dapat diterapkan pada peserta didiknya.
Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gender dalam kepribadian. Hal ini berarti perlu adanya perlakuan yang berbeda dalam upaya pengembangan pola pikir,selain itu buku ini memaparkan bahwasannya beberapa kelenjar yang berperan mempengaruhi tingkah laku seseorang. Kelebihan atau kekurangan pengeluaran cairan dari kelenjar-kelenjar itu dapat menyebabkan pengaruh yang hebat atas perkembangan kelakuan individu dan akibatnya berpengaruh pula atas kepribadiannya,seperti yang saya kutip pada halaman 273 pada akhir paragraf.Hal ini perlu diketahui oleh seorang guru biologi sebagai tambahan wawasan terhadap penyikapan serta dalam upaya pengembangan potensi-potensi peserta yang dimiliki.





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh critical jurnal review psikologi uinsu

Critical Jurnal Review Internasional Psikologi Pendidikan Uinsu

Respon Hewan Terhadap Lingkungan Abiotik dan Siklus Biogeokimia