Cara menghitung IQ

Cara menghitung IQ (Intelegence Quatition)
Kecerdasan intelektual (IQ) adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, , memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, mengunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki individu. Kecerdasan dapat diukur dengan mengunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis. 
Pada umumnya, seseorang ingin mengetahui seberapa besar IQ yang dimilikinya. Namun timbul permasalahan, bagaimana cara untuk mengukurnya?.  Nah, didalam pembahasan ini saya akan memberitahukan cara mudah untuk  mengetahui IQ yang kamu miliki.
Rumus menghitung IQ

            IQ = MA /CA x 100%

Diketahui:IQ   = Intelegence Quation
MA = Mental Age
CA  = Calender Age

Kelas interval IQ sebagai berikut

Klasifikasi
140 - keatas
Luar biasa, genius

120 – 139
Sangat cerdas
Very superior
110 – 109
Cerdas
Superior
 90 – 109
Normal
Average
 80 – 89
Bodoh
Dull average
 70 - 79
Batas potensi
Bolder line
 50 – 69
Debil
Moron
 30 – 49
Ambisil
Embicile
 Dibawah 30
Idiot

      Jika ingin menguji IQ  seorang anak maupun remaja diusia lebih dari 10 tahun. maka, cari buku yang menyangkut tes IQ 3 tahun lebih rendah yang terdiri dari 6 bab. Bab 1 menyangkut hal  mengenai Verbal, bab 2  menyangkut hal mengenai matematika, bab 3  menyangkut hal  mengenai perseptual, bab 4  menyangkut  hal  mengenai spasial, bab 5  menyangkut  hal  mengenai sekuensial, bab 6  menyangkut  hal  mengenai kombinasi (gabungan antara spasial dan sekuensial) .

Contoh: Diketahui seorang remaja bernama syaiful azhar,  sekarang dia berusia 19 tahun  9 bulan dan saat ini dirinya sedang penempuh pendidikan di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Selama ini dia bingung dan selalu bertanya berapa ya jumlah IQ yang kumiliki? namun dirinya tidak mengetahui cara menghitungnya.

Pembahasan; Langkah selanjutnya mencari nilai CA
Nama : Syaiful Azhar
Umur : 19 tahun 9 bulan ( 19 tahun, 9 bulan / setahun (12 bulan) 
Sehingga nilai CA
CA = 19 x 9/12 
      = 19, 75
Berikutnya mencari nilai IQ . Yang akan disajikan didalam table sebagai berikut.
Dalam table berikut seorang remaja tersebut diberi pertanyaan yang harus dijawannya sesuai aspek-aspek yang menyangkut hal-hal terkait bab-bab pengujian tes IQ. Beri tanda (x) bila mampu menjawab, dan beri tanda (-) bila tak mampu menjawab. 

Catatan  table tes IQ ; Apabila dalam pengajuan pertanyaan pada bidang spasial dan sekuensial disalah satu diantara keduanya tidak mampu menjawab maka  secara otomatis maka pada bidang kombinasi dianggap tak mampu menjawab juga dan diberi tanda(-).

Usia
V
M
P
S
Se
C

16 tahun
x
x
x
x
x

17 tahun
x
x
x
x
x
x

18 tahun
x
x
x
x
x
x
18
19 tahun
x
-
x
-
x
x
4/6
20 tahun
x
-
x
-
-
-
2/6
21 tahun
-
-
-
-
-
-

18 6/6

Cari usia yang paling tinggi dengan akumulasi jawaban terbanyak.
Maka hasil yang didapatkan:
IQ = MA/ CA x 100%
IQ = 18 / 19,75
IQ = 91, 14 ( Normal)

Catatan terkait tes IQ: Disaran untuk lebih melatih diri untuk mempelajari terkait bidang matematika dan spasial. Namun unggul pada bidang Verbal dan perseptual.


Demikianlah cara bagaimana menghitung IQ seseorang, semoga dapat bermanfaat bagi semuanya. Dan selamat mencoba……..

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh critical jurnal review psikologi uinsu

Critical Jurnal Review Internasional Psikologi Pendidikan Uinsu

Respon Hewan Terhadap Lingkungan Abiotik dan Siklus Biogeokimia